Selasa, 12 April 2016

MotoGP Austin, Marquez Juara, Rossi Gagal Finish


Marc Marquez lagi-lagi memenangi seri MotoGP Austin Amerika Serikat yang baru aja berakhir hari ini, 11 April 2014. Secara total Marc Marquez udah menang 4 kali di Austin. Cucoklah ya kalo Marquez bisa dibilang juragan Austin. Apes menimpa Valentino Rossi. Jagoan saya jatuh di lap ketiga dan nggak bisa meneruskan balapan. Vale gagal finish dan nggak dapat poin di seri ini. Nasib apes juga menimpa Andrea Dovizioso. Setelah di seri Argentina kemarin Dovi harus finish dengan menuntun motor, kali ini ia malah gagal finish gara-gara disenggol Dani Pedrosa. Komentator MotoGP menyebut Andrea Dovizioso sebagai the unluckiest man in MotoGP.

Balapan terdiri dari 21 lap. Titik hujan sempat turun, crew para rider menyiapkan motor di pit jaga-jaga kalau hujan beneran turun dan race harus flag to flag. Untungnya cuaca yang tadinya mendung berubah jadi cerah lagi. Pole position diraih oleh Marc Marquez, di grid kedua ada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi start dari grid ketiga. Posisi first row persis seperti seri Argentina. Andrea Iannone sebenernya dapet posisi 4 saat kualifikasi tapi karena dapet penalti gara-gara nyenggol Dovi di seri Argentina maka ia harus turun 3 posisi. Jadi, Iannone kudu start dari posisi tujuh.

Lorenzo melakukan start sempurna dan ngacir ke depan tapi Marquez juga melesat dan memimpin balapan. Loris Baz menjadi pembalap pertama di race ini yang jatuh. Rossi turun dari posisi 2 ke posisi 6. Keliatan ada masalah di motor Rossi. Nggak tau dah ini masalah winglet apa nggak. Yap.. setelah bertahan tanpa winglet, Vale akhirnya ikutan pake winglet di Austin. Buat yang nggak tau.. winglet itu salah satunya untuk mengurangi efek wheelie.. disamping mencegah bocor (eeehhhh).


Di lap ketiga bencana terjadi. Kehilangan kendali pada motor saat menikung di turn 2 menyebabkan Vale ngglosor dan motornya menyasar gravel. Vale baik-baik aja tapi motornya rusak karena membentur pembatas gravel. Vale selesai di Austin.. good bye Austin. Ketika di wawancara setelah balik ke pit, Vale bilang ia ada masalah dengan clutch tapi ia nggak tau pasti apa penyebab ia jatuh. Clutch itu kopling pemirsa. Bye Austin (dok.motogp.com) Marquez mencatat fastest lap di lap 4 lalu mencatat fastest lap lagi di lap 5. Ada gitu ya rider yang doyan fastest lap. Jorge Lorenzo overtake Dovi buat posisi dua. Top 4 saat ini adalah Marquez, Lorenzo, Dovizioso dan Pedrosa.

Di lap ketujuh, Dani Pedrosa kehilangan kontrol pada ban depan, ia jatuh dan menyenggol Dovizioso lalu menyeretnya ke gravel. Dani sempat mendekati Dovi, minta maaf mungkin. lalu balik ke trek. Dovi balik ke pit dan out dari balapan. Bad luck Dovi. Empat belas lap tersisa. Marquez makin ngacir aja. Jatuhnya Dovi membuat Iannone naik posisi ketiga dan berpeluang meraih podium dan menyelamatkan nama Ducati.

Sementara itu duo Suzuki Maverick Vinales dan Aleix Espargaro head to head berebut posisi empat. Di tengah jalannya race yang mulai membosankan, duel ini cukup bikin melek mata. Pedrosa yang join balapan lagi tercecer di posisi 17. Cal Crutchlow menjadi pembalap berikutnya yang jatuh dan Bradley Smith menyusul jatuh di tempat yang sama beberapa detik kemudian, nyaris barengan. Austin treknya horor bener ya. Seperti Pedrosa, Bradley Smith dan Cal Crutchlow balik ke trek buat balapan lagi.

Di 11 lap tersisa akhirnya Vinales overtake Aleix Espargaro buat posisi empat. Rumor yang beredar bilang Maverick Vinales akan menjadi teammate Valentino Rossi jika Lorenzo pindah ke Ducati. Rumor tentang kepindahan Lorenzo ke Ducati memang udah merebak kemana-mana. Pengumuman resminya sebelum seri Jerez katanya. Dani Pedrosa akhirnya balik ke pit dan gagal finish. Setelah balik ke pit, ia mendatangi pitbox Dovizioso, keduanya berbincang, sepertinya Dani meminta maaf atas insiden tadi dan Dovizioso meski kesal menerima kedatangan Dani. Sungguh keduanya adalah rider yang punya rasa sportifitas yang tinggi.

Di tujuh lap tersisa top 5 adalah Marquez, Lorenzo, Iannone, Maverick dan Aleix Espargaro. Marquez ngacir jauh di depan, sampai berjarak 7 detik sama Lorenzo dan Lorenzo berjarak 5 detik sama Iannone. Sebuah race yang benar-benar membosankan. Ehhh bukan race sih ini. tapi parade motor keren. Akhirnya balapan selesai dengan Marquez finish pertama, Lorenzo finish kedua dan Iannone finish ketiga. Beda dengan podium Argentina yang canggung banget, rider di podium Austin akrab satu sama lain. Pake wefie segala mereka. Ciyyyeeee... yang akrab.

Untuk jatuhnya Vale, Matteo Guerinnoni berkomentar bahwa ia curiga quality control Michelin nggak sama di semua ban karena masalah front end tidak menimpa semua pembalap. Lorenzo, rossi, Dovi, Iannone, Maverick dan Pedrosa semua menggunakan medium di ban depan dan hard di ban belakang. Marquez menggunakan soft di ban depan dan hard di band belakang. Ini senada dengan cuitan beberapa jurnalis MotoGP di twitter bahwa ada “something” di medium rear.

Untuk hasil lengkap seri Austin adalah (1-17) : Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Iannone, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Scott Redding, Pol Espargaro, Michele Pirro, Hector Barbera, Stefan Bradl, Alvaro Bautista, Eugene Laverty, Tito Rabat, Yonny Hernandez, Loris Baz, Cal Crutchlow dan Bradley Smith. Yang tidak finish adalah : Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Posisi klasemen sementara adalah (1-21) : Marc Marquez (66 poin), Jorge Lorenzo (45 poin), Valentino Rossi (33 poin), Pol Espargaro (28 poin), Dani Pedrosa (27 poin), Hector barbera (25 poin), Andrea Dovizioso (23 poin), Maverick Vinales (23 poin), Eugene Laverty (21 poin), Aleix Espargaro (21 poin), Andrea Iannone (16 poin), Scott Redding (16 poin), Bradley Smith (16 poin), Stefan Bradl (15 poin), Alvaro Bautista (14 poin), Michele Pirro (12 poin), Tito Rabat (11 poin), Jack Miller (2 poin), Yonny Hernandez (2 poin), Loris Baz (1 poin), Cal Crutchlow (0 poin).

Sumber : MotoGP.com

Note : Juga ditulis di Kompasiana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar